Wednesday, June 20, 2007

Remaja Mudah Terbuai Kejahatan Dunia Maya


Anggapan umum tentang ancaman kejahatan Internet pada kaum muda sering membuat orangtua berusaha melindungi anaknya dengan cara yang tidak efektif.

Sebagian masyarakat percaya bahwa penjahat internet mungkin akan mendatangi anak muda kemudian menggerayangi, menculik, memperkosa secara paksa atau bahkan lebih buruk lagi. Namun sebenarnya, kenyataan yang terjadi berbeda dari asumsi umum.

Menurut David Finkelhor, direktur Crimes Against Children Research Center (CCRC) Universitas New Hampshire, Amerika Serikat, remaja justru biasanya pergi secara sukarela bersama orang dewasa yang mereka temui di Internet. Bahkan mereka jatuh cinta kepada kenalannya itu dan melawan polisi yang ingin menolong mereka.

Dari seluruh kasus kejahatan Internet yang menimpa kaum muda, hanya 5 persen yang melibatkan kekerasan, 3 persen merupakan penculikan dan 4 persen dari para penjahat merahasiakan umur mereka. Sebanyak 80 persen kasus ternyata secara eksplisit menyatakan keinginan seksual mereka tanpa paksaan.

Meskipun pihak yang berwewenang telah bekerjasama dengan orangtua untuk melindungi anak-anak mereka, beberapa anak justru tidak percaya pada orangtua mereka. Mereka biasanya merupakan korban dari pelecehan seksual atau kekerasan oleh keluarga mereka sendiri.

No comments: